Selamat Datang di web PERPUSTAKAAN - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

PERPUSTAKAAN

Institut Agama Islam Negeri Kudus

WORKSHOP DAN CALL FOR PAPER JURNAL PERPUSTAKAAN

Blog Single

Perpustakaan IAIN Kudus menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Call For Paper jurnal Perpustakaan dalam rangka kegiatan re-akreditasi jurnal Libraria. Jurnal Libraria adalah jurnal ilmiah perpustakaan yang diterbitkan oleh Perpustakaan IAIN Kudus dengan kala terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Kegiatan ini dilaksanakan di aula lantai 2 gedung SBSN fakultas Tarbiyah pada hari Kamis, tanggal 2 Mei 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi kegiatan, yaitu workshop akreditasi jurnal Libraria pada sesi pertama dan kegiatan call for paper jurnal Libraria pada sesi kedua.

          Pada sesi pertama, kegiatan workshop akreditasi jurnal Libraria dipandu oleh narasumber Yoris Adi Maretta, M.Pd selaku pengurus daerah RJI Jawa Tengah. Pada sesi tersebut dilakukan penyampaian materi mengenai bagaimana teknis untuk mempersiapkan akreditasi jurnal ilmiah serta melakukan evaluasi langsung terhadap bagaimana pengelolaan jurnal Libraria Perpustakaan IAIN Kudus. Pada sesi kedua, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi artikel dari kegiatan call for paper jurnal Libraria. Kegiatan presentasi dilaksanakan secara hybrid melalui daring dan luring dengan menampilkan 8 pustakawan dari beberapa perpustakaan perguruan tinggi sebagai presenter untuk menyampaikan hasil kajian ilmiah bidang kepustakawan. Beberapa tema kajian ilmiah yang diprsentasikan antara lain mengenai layanan perpustakaan, layanan corner perpustakaan, inovasi perpustakaan, kelas literasi informasi perpustakaan, hingga mengenai pengembangan koleksi perpustakaan.

          Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pencerahan bagi pengelola jurnal untuk dapat mempersiapkan diri dalam akreditasi jurnal ilmiah, khususnya bagi jurnal Libraria milik Perpustakaan IAIN Kudus dan pengelola jurnal lainnya yang hadir sebagai tamu undangan.  Kemudian, untuk output kegiatan call for paper, artikel yang telah dipresentasikan dalam kegiatan tersebut selanjutnya akan dikelola, diproses, dan diproyeksikan menjadi artikel jurnal ilmiah pada jurnal Libraria edisi Desember 2024. (RWB)

Share this Post:

Galeri Photo